Langsung ke konten utama

Cara Menghitung Indeks Prestasi ( IP )


Hayyyy,,,
Hari ini postingannya mengenai cara menghitung Indeks Prestasi (IP) lho..
Tadi pagi saya secara tidak sengaja membaca mengenai cara menghitung IP, dan langsung terinspirasi buat menulis di blog..
Karena tadi saya membacanya terburu-buru, maka saya akan mencoba menuangkan kembali apa yang saya baca dengan bahasa saya sendiri..
Langsung saja kita mulai :
Indeks Prestasi (IP) adalah nilai rata-rata yang diperoleh teman-teman mahasiswa setelah menempuh sejumlah mata kuliah. Indeks Prestasi dibedakan menjadi IP semester dan IP Kumulatif.

Perhitungan IP :
IP = total N * K / K
Mungkin kalau melihat rumus teman-teman agak bingung ya,, Gampangnya gini, Indeks Prestasi itu merupakan angka rata-rata yang diperoleh dari :
"Hasil dari Mata Kulliah Yang Dicapai ( N ) Dikalikan dengan Jumlah Kredit atau SKS yang Ditempuh ( K ) Dibagi Jumlah SKS yang diambil ( K )"

Dalam menghitung IP nilai yang kita hitung bukanlah nilai asli yang tertera pada Nilai Final kita di kolom nilai, tapi yang kita gunakan adalah Bobot nilai kita kita yang berupa huruf baik A , B , C , D , E..
Berikut tabel bobot nilai :
Nilai Angka
Nilai Huruf
> 85
A
75 s/d 84
B
60 s/d 74
C
45 s/d 59
D
< 45
E
*bisa berbeda-beda di setiap kampus
  
Nah,, kalo sudah tahu bobot nilai kalian yang A , B , C , D atau E maka bisa langsung dihitung deh..
Untuk Nilai Huruf "A" Nilai Angkanya "4"
Untuk Nilai Huruf "B" Nilai Angkanya "3"
Untuk Nilai Huruf "C" Nilai Angkanya "2"
Untuk Nilai Huruf "D" Nilai Angkanya "1"
Untuk Nilai Huruf "E" Nilai Angkanya "0"

Contoh :
Di kampus, budi menempuh 21 sks dengan mata pelajaran sebegai berikut
 
No
Mata Kuliah
SKS

Nilai Huruf (NH)
Nilai Angka (NA)
NH * SKS
1
Pengantar Ilmu Komunikasi
3
A
4
12
2
Pengantar Ilmu Politik
3
A
4
12
3
Filsafat Ilmu
3
B
3
9
4
Bahasa Inggris
3
B
3
9
5
Bahasa Indonesia
2
A
4
8
6
Agama
2
B
3
6
7
Kewarganegaraan
2
A
4
8
8
Antropologi
3
C
2
6
TOTAL
21
27
70

Dari tabel ini kita dapat menghitung IP budi 
Yaitu   : Total NA * SKS / Total SKS
Jadi    : 70 / 21 = 3,3
Jadi, Indeks Prestasi yang diperoleh Budi adalah  3,3
Begitulah teman-teman cara menghitung IP,, Semoga bisa membantu yaaa...
JBU..

Komentar

  1. dari penjelasan di atas, angka 70 dari perhitungan berapa x berapa ? total NA kan 27 berarti 27 dikali berapa kok hasilnya 70 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 70 bukan hasil 27 dikali berapa, tetapi 70 didapat dr jumlah angka2 dkolom atasnya.

      Hapus
  2. kalo nilainya E ato F...apakah SKS nya ikut dibagi dengan sks yg dapat nilai lulus?

    BalasHapus
  3. SUM(NA * SKS) = 70
    masing - masing NA dikali dengan SKS
    misal, NA = 4 dan SKS nya = 3 maka hasil NA *SKS = 12
    dimulai dari mata kuliah yg paling atas sampai ke bawah
    setelah itu ditotalkan maka dapatnya 70

    BalasHapus

Posting Komentar